Tahukah Anda di era digital seperti sekarang, masih banyak pihak yang menganggap bahwa memiliki sebuah website itu tidak lahpenting. Padahal jika Anda mengikuti perkembangan saat ini, hal tersebut akan Anda prioritaskan untuk memulai suatu bisnis online.

Lalu, apa saja langkah yang diperlukan untuk memulai membuat suatu website? Yuk simak penjelasan berikut :

1. Ide Website

Jenis bisnis atau usaha online apa yang akan Anda mulai, itu menentukan pula website yang akan dibuat. Misal Anda berjualan suatu produk, maka website yang dibuat adalah jenis e-commerce atau toko online. Namun, jika usaha Anda suatu jasa misalnya seperti renovasi rumah, servis elektronik, atau lainnya, maka yang dibuat adalah website seperti company profil. Masih banyak jenis lainnya yang bisa disesuaikan dengan kategori usaha Anda.

2. Thema Website

Pilihan thema atau konsep website yang tepat dapat membantu meningkatkan usaha online Anda. Buatlah sebuah website yang mudah dimengerti oleh pengunjung. Misal website Anda termasuk jenis e-commerce, maka pilihlah thema website yang dapat menampilkan detail gambar produk yang Anda jual beserta keterangannya. Jangan sampai Anda menjual suatu produk, tapi calon customer Anda sendiri tidak mengetahui maksud dari produk yang Anda jual. Contoh pilihan thema ada di sini

3. Materi Website

Buatlah sedetail mungkin materi website Anda, agar informasi yang disampaikan mudah dipahami oleh pengunjung web. Materi bisa berupa teks seperti artikel dan gambar untuk lebih menguatkan secara visual.

4. Penentuan Platform

Kini sudah banyak platform atau CMS yang open source dan user friendly, baik yang gratis maupun premium. Silahkan sesuaikan dengan budget dan kebutuhan Anda. Platform WordPress, Blogspot, Joomla, atau lainnya tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Yang paling banyak digunakan masyarakat di dunia adalah wordpress karena mudah dipahami dan sangat ramah pengguna, kami salah satu penggunanya.

5. Pemilihan Nama Domain

Pemilihan nama domain atau alamat website yang tepat, akan membantu meningkatkan pencarian situs Anda di mesin google. Pilihlah nama yang tepat dan berkaitan dengan usaha anda. Misal seperti kami yang menyediakan jasa pembuatan website, nama domain yang kami pilih adalah OrderWebsiteMurah.com dimana pengunjung bisa melakukan order pembuatan website dengan harga yang terjangkau.

6. Pembelian Hosting

Hosting memiliki kapasitas tersendiri, sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Harganya pun bervariasi mulai dari Rp 100rb-an per tahun. Namun kapasitas standar bagi pemula menurut kami sekitar 500MB. Banyaknya gambar dan artikel yang diupload, akan sangat mempengaruhi kapasitas hosting yang dibutuhkan. Jika masih bingung, Anda bisa berkonsultasi dulu dengan kami, silahkan klik kontak kami.

WhatsApp Chat Di Sini ^_^